Italia diguncang gempa

Selasa, 14 April 2009

Italia diguncang gempa. Seorang ilmuwan Italia sebenarnya telah memprediksi gempa bumi besar itu beberapa pekan sebelumnya. Namun dia malah dituding sebagai pembuat kepanikan dan dilaporkan ke polisi.

Ahli ilmu gempa, Gioacchino Giuliani telah memprediksi gempa kuat akan terjadi sekitar L'Aquila, daerah yang paling parah dilanda gempa yang terjadi pada Senin, 6 April kemarin. Getaran-getaran awal di wilayah tersebut telah dirasakan pada pertengahan Januari lalu dan terus terjadi kemudian.

Akibatnya warga di Kota L'Aquila, sekitar 100 kilometer sebelah timur Roma itu pun khawatir. Kekhawatiran kian bertambah setelah Giuliani memperkirakan gempa besar akan terjadi. Beberapa kendaraan van dengan pengeras suara sempat berkeliling kota itu bulan lalu untuk mengimbau warga setempat agar meninggalkan rumah mereka.

Namun hal itu malah menimbulkan kemarahan walikota. Giuliani pun dilaporkan ke polisi karena menimbulkan kepanikan. Ilmuwan itu juga dipaksa menghapuskan prediksi gempanya yang diposting di internet.

Giuliani yang tinggal di L'Aquila mengembangkan prediksinya ketika bekerja di National Institute of Nuclear Physics di sekitar wilayah Abruzzo. Pada Minggu, 5 April lalu, dia semakin yakin bahwa gempa dahsyat akan terjadi. Namun dia tak bisa berbuat apa-apa karena dirinya berada dalam penyelidikan polisi.

"Saya tidak tahu harus mengadu kemana, saya telah diinvestigasi karena mengatakan akan terjadi gempa bumi," tutur pria itu seperti dklansir kantor berita Reuters, Selasa (7/4/2009).

Namun pemerintah Italia bersikeras bahwa prediksi Giuliani tidak memiliki landasan ilmiah. Ketika wartawan menanyai soal prediksi itu, Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi bersikap defensif. Dikatakannya, masyarakat saat ini harus konsentrasi pada upaya penyelamatan dan "setelah itu kita bisa membahas soal perkiraan gempa itu".

Gempa tersebut sejauh ini telah menewaskan setidaknya 150 orang dan melukai lebih dari 1.500 orang. Gempa juga menyebabkan sekitar 50.000 orang kehilangan tempat tinggal.

(vs/VS/dtc)

0 komentar:

 
Menyonsong Fajar Indonesia Baru - by Templates para novo blogger