LSI: Kampanye Tak Pengaruhi Peta Politik, PD Masih Nomor 1

Senin, 06 April 2009



Survey

Hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) mengungkapkan kampanye terbuka tidak berpengaruh terhadap peta politik pada Pemilu 2009. Survei ini menyebutkan perolehan suara partai politik peserta pemilu tidak banyak berubah sejak sebelum kampanye terbuka maupun setelahnya.


“Kampanye terbuka tidak mengubah peta kekuatan politik. Tingkat dukungan pada partai sebelum dan sesudah kampanye tidak berbeda secara berarti,” ujar peneliti utama LSI Dodi Ambardi dalam siaran pers hasil survei ‘Efek Kampanye Terbuka pada Peta Kekuatan Partai Menjelang Pemilu Legislatif 2009′ di Kantor LSI, Menteng, Jakarta, Minggu (5/4/2009).

Berdasarkan hasil survei tersebut terlihat Partai Demokrat meraih 27 persen suara pada April 2009 dan 24 persen pada Maret 2009. Partai Golkar dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) malah mengalami penurunan suara. Golkar meraih 15 persen pada Maret dan 14 persen pada April. PDIP 16 persen pada Maret dan 15 persen bulan April.

“Dari waktu ke waktu Demokrat cenderung naik yang berbeda dengan dua partai lain yakni PDIP dan Golkar yang cenderung turun,” jelas Dodi.

Survei itu juga kembali memastikan Demokrat masih bertengger di posisi pertama dengan perolehan 26,6 persen suara disusul PDIP 14,5 persen, Golkar 13,7 persen, Partai Amanat Nasional 5,1 persen, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 4,9 persen, Partai Persatuan Pembangunan 4,8 persen, dan Partai Kebangkitan Bangsa 3,6 persen. Dua partai baru yaitu Partai Hati Nurani Rakyat 3,5 persen dan Partai Gerakan Indonesia Raya mengantongi 3,1 persen. (hri)

Sumber : okezone

0 komentar:

 
Menyonsong Fajar Indonesia Baru - by Templates para novo blogger